Dosen Sastra Inggris UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarat Melalui Pembuatan Video Pembelajaran

Program Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang disingkat dengan PKM dilakukan oleh berbagai kalangan akademisi Kampus sebagai salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi saat ini tidak lagi berbentuk kontak langsung dengan masyarakat dikarenakan masih diterapkannya PSBB akibat penyebaran covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebarannya. Program ini tetap dilaksanakan dengan beberapa bentuk alternatif

Program Studi Sastra Inggris UNPAM mengambil inisiatif pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) melalui kewajiban pembuatan modul Bahasa Inggris bagi dosen dan mahasiswa Sastra Inggris.

Tim PKM yang terdiri dari 4 Dosen dan 10 Mahasiswa yang diketuai Yamin, S.S., M.Pd ini bertugas membuat video pembelajaran untuk siswa SMAS Al-Ghozali yang berada di Gunungsindur Bogor.

Judul buku ajar yang dibuat ialah Marathon Speaking to Enhance “Willingness to Communicate” Among  Students in Pondok Modern al-ghozali, Gunungsindur Bogor. yang ditulis dalam rentang waktu tiga bulan masa PKM yang dimulai dari 13 Desember sampai 15 Desember 2020.

 Kegiatan PKM dosen dan mahasiswa ini berperan untuk membantu SMAS Al-Ghozali untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada. Dan salah satu dari kekurangan ini ialah minimnya bahan aktifitas siswa dalam bahasa Inggris. Karena itu, PKM yang akan dilakukan di Jampang SMA Al-Ghoazali ini bentuknya ialah pembuatan Video pembelajaran untuk kepentingan meningkatkan kualitas kemanpuan berbicara Bahasa inggris peserta didik.

Yamin, S.S, M.Pd selaku Ketua Pelaksana PKM mengatakan bahwa kegiatan PKM yang bertemakan Pengembangan video pembelajaran dengan Pendekatan marathon speaing skill di SMAS Al-Ghozali Bogor ini menghasilkan sebuah video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Al-Ghozali terutama pada jenjang SMA. “Pengembangan video pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuang berbicara Bahasa inggris secara marathon di SMAS Al-Ghoazali” jelasnya.

Lebih jauh, Tryana,S.S, M.A selaku salah satu anggota dalam tim tersebut menjelaskan bahwa PKM ini diganti dengan pembuatan video pembelajaran merupakan upaya untuk meminimalisir penyebaran virus. Suatu upaya yang bermaslahat memutus matarantai virus Corona, tandasnya.

Mursyid Anwar, S.PdI, M.Pd juga menyampaikan sebuah harapannnya agar video pembelajaran yang dibuat memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi pengembangan bahasa Inggris siswa siswi SMAS Al-Ghozali.

Lida Holida Mahmud, S.Pd., M.Pd menyoroti pendekatan, format dan presentasi materi dalam video pembelajaran tersebut. Menurutnya, model pengajaran yang digunakan dalam pembuatan modul ini ialah model pendekatan Marathon speaking skill yaitu metode pembelajaran berbicara Bahasa Inggris dengan berbicara secara terus menerus tanpa memiirkan kesalahan secara gramtikal Namun, model ini menekankan kegiatan belajar pada aspek kemampuan berbicara atau speaking skill, demikian tandasnya.

Sementara itu, Yamin, S.S., M.Pd., juga banyak menyoroti langkah-langkah pembuatan video pembelajaran. Menurutnya, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh Tim PKM dalam pembuatan modul, di antaranya adalah Tim PKM melakukan an gvcalisa lingkungan dan analisa kebutuhan dari target, Tim PKM menentukan tujuan pembelajaran dan materi dan alur perkembangan unit/bab, Tim PKM membuat desain aktifitas untuk evaluasi pembelajaran di setiap unit/bab, Tim PKM melakukan finalisasi desain buku aktifitas siswa. Kemudian video aktifitas siswa diberikan kepada mitra untuk digunakan sebagai pendamping pembelajaran bersamaan di mana pedoman menggunakannya adalah pihak mitra memberikan masukan dan laporan dari penggunaan buku aktifitas siswa; Tim PKM melakukan analisa terhadap laporan dan masukan untuk buku aktifitas siswa; Tim PKM melakukan penyesuaian terhadap buku aktifitas siswa.