An Instructional Imperative to Improve Listening Competence for Elementary Students

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen prodi sastra Inggris ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid 19 dan dilakukan secara virtual pada tanggal 16-18 November 2020. Pelaksanaan  PKM bertempat di Yayasan Bangun Cendikia Muda (YBCM), Cipedak, Jakarta Selatan. YBCM merupakan Yayasan Panti Asuhan yang membantu anak-anak yatim dan dhuafa dalam mengembangkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam dunia Pendidikan. Pelaksanaan pelatihan dan penyuluhan ini menggunakan media pengajaran audio visual/video pembelajaran dengan materi tentang imperative/ perintah yang dibimbing langsung oleh beberapa orang dosen Sastra Inggris (Dr. Tutut Sumarsini, M.M, M.Si, Anita Sari, S.S, M.Pd, Wirhayati, S.S, M.Pd, Rossy, S.Pd, M.Hum) dan dibantu oleh beberapa orang mahasiswa dari sastra Inggris juga.

Pertemuan virtual antara dosen dan ketua YBCM

Tema yang dipilih untuk kegiatan PKM ini adalah An Instructional Imperative to Improve Listening Competence for Elementary Students. Tema ini dipilih karena dalam pembelajaran Bahasa Inggris ditemukan bahwa anak-anak tinglat sekolah dasar dalam belajar bahasa Inggris mendapat kesulitan yaitu ketidakmampuan mendengar dengan baik kata-kata bahasa Inggris tersebut. Maka tujuan utama daripada pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di YBCM ini adalah agar anak-anak mampu mendengar atau mengucapkan kata- kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Karena sasaran PKM adalah anak-anak usia sekolah dasar maka tingkat yang ingin dicapai adalah penggunaan kata imperative atau kata perintah dengan benar dalam Bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari hari. Diharapkan anak-anak dapat menggunakan kata imperative/perintah sederhana dalam Bahasa Inggris pada keseharian mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam pelaksanaan PKM ini kami menggunakan metode pengajaran dengan audio visual/video. Dengan audio visual/video diharapkan anak-anak mudah memahami materi dan dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara Bahasa Inggris dan tentunya dengan pengucapan kata-kata yang benar.

Kegiatan PKM virtual dengan anak-anak YBCM

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini dosen dan mahasiswa memberikan atau menyampaikan materi secara virtual dengan menggunakan Zoom meeting karena keadaan masih masa pandemi covid 19 jadi kita belum bisa mengadakan tatap muka langsung dengan anak-anak panti YBCM. Selanjutnya dosen dan mahasiswa membuat zoom meeting untuk melakukan komunikasi secara virtual dengan anak-anak di YBCM. Dan panitia di YBCM juga memfasilitasi anak-anak dengan laptop supaya bisa mengikuti zoom untuk bisa mendapatkan pengajaran dan pelatihan yang disampaikan oleh mahasiswa yang dibimbing oleh dosen. Masing-masing mahasiswa sudah menyiapkan terlebih dahulu materi yang akan diberikan sebelum pengajaran dan pelatihan dimulai. Setiap mahasiswa memiliki tugas masing-masing untuk menyampakan materi dan mengenalkan bentuk imperative melalui audio visual kepada anak-anak. Pelaksanaan PKM terbagi atas 3 bagian yaitu pertama dengan pre-listening activities. Sebelum masuk tahap pengenalan materi imperative dan fungsinya, mahasiswa beserta dosen menyamyi “body parts song” bersama sambil menggerakkan tubuh mereka dengan menunjuk body parts yang dimaksud. Selain membuat suasana gembira kegiatan ini diharapkan sebagai moodbooster untuk anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Step selanjutnya adalah while-listening activities yaitu dengan melihat keaktifan mereka dalam menyanyi sambil menunjukkan body parts mereka tanpa intruksi dari panitia. Setelah memberikan song games mahasiswa memberikan materi imperative dengan menampilkan slide gambar yang berkaitan dengan materi yang diajarkan seperti “take your pencil”, “touch your nose”, “open the book, please” dll. Sambil memberikan materi yang disampaikan tim PKM, anak-anak secara langsung memperagakannya. Tahap terakhir adalah post-listening activities yaitu dengan mengulang kembali materi yang telah diajarkan. Dengan memberikan drilling berulang-ulang anak-anak mengingat kembali materi yang telah diajarkan.

Tim PKM memperkenalkan anggota dan tema pkm