SOSIALISASI SISTEM PAK PRODI SASTRA INGGRIS

Pengelolaan arsip sangat penting bagi setiap institusi apalagi bagi perguruan tinggi. Sering dijumpai dokumen pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat atau dokumen penunjang lainnya, tidak tersimpan dengan baik. Pengelolaan dokumen seharusnya memiliki sebuah sistem dan SOP tersendiri.  Pengelolaan dokumen sangat berhubungan erat dengan kepentingan akreditasi dan beban kinerja dosen. Untuk kepentingan itu, Kaprodi Sastra Inggris menunjuk Annas Surdyanto, S.Pd., M.Pd sebagai penanggung jawab website sekaligus semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan kearsipan dosen.

Sosialisasi sistem ini dinamakan sosialisasi sistem PAK dan diadakan pada hari Rabu (16/12/2020). Hadir dalam acara ini ketua prodi, sekretaris prodi serta para dosen yang mengajar di Sastra Inggris Universitas Pamulang. Acara dilakukan secara virtual via gmeet dan dimoderatori Setiana Sri Wahyuni Sitepu, S.Pd., M.Pd.

Tryana selaku ketua prodi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam meningkatkan kualitas prodi, Sastra Inggris akan membangun suatu sistem pengarsipan bagi data-data dosen. Tryana juga sangat berterima kasih kepada Annas Surdyanto atas kerja kerasnya dalam membangun sistem penjaringan data dosen untuk keperluan akreditasi dan keperluan monitoring kinerja dosen Sastra Inggris Universitas Pamulang.

Annas Surdyanto menyampaikan bahwa prodi Sasing telah menyediakan sebuah laman bernama Lecturer Workspace yang berisikan berbagai informasi dan akses yang mencakup ketiga pangkalan data. Selain itu, untuk menyimpan berbagai dokumentasi data, prodi sasing juga menyiapkan laman pangkalan data bernama Siskemu Prodi yang dapat menjadi wadah pengarsipan segala bentuk kegiatan para dosen terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pengarspian kegiatan Tri Dharma nantinya menjadi dasar pembuktian seluruh kegiatan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, pada setiap akhir semester, seluruh dosen prodi Sastra Inggris diharuskan untuk melaporkan kinerja dosen pada tiga pangkalan data yaitu Sister Unpam, Siskemu Unpam, dan Siskemu Prodi Sasing. Semua itu sudah terintegrasi dalam laman Sasing,” jelas Annas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi PAK perbidang oleh dosen pengembang Sastra Inggris.