BANTU TINGKATKAN KUALITAS PRODI, SASTRA INGGRIS BERDAYAKAN PERANAN ALUMNI

Musyawarah alumni Prodi Sastra Inggris Unpam dilakukan secara online dengan tema “ Revive and Reunite The Followship” (Minggu, 06/12/2020). Pada acara yang dihadiri oleh tiga puluh dua peserta dengan pembicara Giovanno Agusto Saputro, S.S. selaku Ketua IKA Sastra Inggris dan Aisyah Al Baroroh,S.S.,M.Pd. selaku Koordinator Bidang Alumni Prodi Sastra Inggris Unpam berlangsung secara lancar selama dua jam dengan dipandu oleh Ria Antika,S.S.,M.Li selaku MC.

Acara ini dimulai  dengan sambutan dari Ketua Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang, Tryana, S.S.,M.A. Dalam sambutannya Tryana menyampaikan agar ada pertemuan yang berkesinambungan  dan semangat mengelola alumni agar tidak hanya sekedar simbol, tetapi bukti nyata alumni dapat meningkatkan Prodi. Prodi itu akan terus bergerak maju jika mahasiswa dan alumni memiliki pondasi yang kuat. Alhamdulillah Prodi ada peningkatan dari segi akreditasi sehingga menjadi sesuatu yang diharapkan, kata Tryana, peningkatan tidak akan terlaksana tanpa mahasiswa dan alumni .

Akreditasi selanjutnya terdiri dari 9 kriteria yang mana kedudukan mahasiswa dan alumni menjadi sesuatu yang sangat urgent maka untuk itu Tryana menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen bagian Kemahasiswaan yang mengelola bidang Kemahasiswaan dan kegiatan alumni.

Setelah sambutan dari Ketua Prodi, selanjutnya Eka Margianti Sagimin,S.S. M.Pd. selaku Koordinator Bidang Kemahasiswaan menyampaikan beberapa poin penting yang disampaikan , Hasil akreditasi yang mengembirakan, justru di satu sisi menjadi beban berat terutama di Bidang mahasiswa dan alumni.yaitu bagaimana kita bisa mempertahankan akreditasi atau naik sangat baik lagi sehingga butuh kerja sama mahasiswa dan alumni. “Saya ingin mengetuk hati para alumni semua untuk membangun Prodi dari hal terkecil sampai nilai yang paling tinggi untuk akreditasi 5 tahun yang akan datang,. Bidang Kemahasiswaan dan alumni tidak bisa dipisahkan sehingga kita bisa tetap saling berdampingan  dan berkolaborasi. Berharap adanya  pendampingan alumni untuk segala kegiatan kemahasiswaan. Dalam hal penelitian dan PkM diharapkan semua alumni dapat ikut berperan,” demikian jelasnya.

Terkait beasiswa sebaiknya alumni mempunyai wadah untuk memberikan semacam sumbangan atau program beasiswa. Mahasiswa yang menerima beasiswa diprioritaskan untuk mengikuti lomba ,ini tidak ada artinya jika tidak dibantu alumni. Masukan dari alumni sangat diperlukan demi Prodi lebih maju dan akreditasi 5 tahun ke depan mendapat nilai lebih dari ini.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Giovanni Agusto Saputro,S.S. selaku Ketua IKA Sasing Unpam.  Saputro memaparkan bahwa alumni belum terkonsep secara matang seharusnya alumni menyalurkan karena tidak ada gerbangnya untuk masuk dan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:  dari fungsi alumni sebagai wadah memberikan konstribusi kepada alamamater, membentuk struktur organisasi yang disahkan dengan SK Prodi dan membuka jalur komunikasi antara alumni dan mahasiswa untuk saling bersinergi.

Yang disertai dengan langkah-langkah untuk dapat mewujudkannya. “Regenerasi kepengurusan secara berkala dan apakah teman-teman mau kembali ke Prodi untuk berkontribusi ke Prodi serta generasi selanjutnya yang harus bergerak ”,jelas Guru Bahasa Inggris ini. Dalam bidang alumni, Aisyah Al Baroroh menekankan manfaat Tracer Study sebagai wadah yang mempersatukan alumni. Yang dapat saling membangun jejaring antar alumni,sebagai bahan evaluasi kompetensi lulusan,,nilai tambah pada akreditasi, bahan acuan pembuatan pelatihan ,dan alat monitoring Dirjen Dikti serta informasi alumni di dunia kerja.

Selain dari tracer study juga terkait konstribusi alumni baik materiil dan non materiil ,alumni  dapat melakukan kegiatan workshop atau pelatihan kepada mahasiswa  ditinjau dari segi akademi dan membagikan info loker  atau bisa juga membuat malam keakaraban jika dari segi non akademiknya. Mengenai sumbangsih alumni dapat berupa dana contohnya berupa sumbangan dana seminar dan yang non dana berupa buku,lampu tembak,dll.” Pihak Prodi harus melaporkan tiap semester dan harus ada kerja sama dari alumni juga”,demikian jelasnya (selvi)