PASCA MENDAPAT NILAI REAKREDITASI B, SASTRA INGGRIS UNPAM GELAR RAPAT EVALUASI TIM BORANG

Pada tanggal 13 Oktober, Sastra Inggris Universitas Pamulang telah berhasil menghadapi akreditasi serta mendapatkan nilai B yang sebelumnya mendapat nilai C. Pasca mendapat nilai reakreditasi yang cukup ini, Sastra Inggris terdorong untuk melakukan evaluasi terhadap kerja Tim Borang. Akhirnya pada tanggal 25 November 2020, Sastra Inggris adakan rapat bersama di Taman Herbal Insani Pengasinan untuk mengevaluasi kerja pasca reakreditasi. Rapat ini bertemakan “Evaluasi Kerja Tim Borang Fakultas Sastra dan Prodi Sastra Inggris (Menuju 9 Kriteria)”. Eka Margianti Sagimin, S.S., M.Pd. memandu acara tersebut.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang, Tryana, S.S., M.A. Ada tiga poin penting yang disampaikan Tryana pada rapat evaluasi tersebut. Pertama, Tryana menyampaikan terima kasih banyak kepada Tim Borang, LPM dan seluruh pihak terkait dalam kerjasamanya mensukseskan reakreditasi Sastra Inggris. Kedua, Tryana juga menyampaikan bahwa nilai B yang didapat Sastra Inggris bisa dikonversi ke dalam nilai 9 kriteria, yakni nilai sangat baik. Tryana menekankan bahwa pengkonversian nilai ini bersifat opsional tergantung kepada kesepakatan Tim Kerja Borang. Ketiga, Tryana juga menyampaikan bahwa dengan berakhirnya reakreditasi, Tim Kerja Borang tidak serta merta dibubarkan melainkan mendapat tugas baru untuk mempersiapkan akreditasi 5 tahun ke depan dengan 9 kriteria.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas Sastra. Dr. Ramdon Dasuki, Lc., M.A. menjelaskan secara panjang lebar yang dimaksud dengan 9 kriteria terutama dalam pembagian penilaian. “Dalam penilaian 9 kriteria ini, 50% dari Fakultas dan 50% dari Prodi. Untuk itu, peran fakultas juga sangat penting dalam akreditasi 9 kriteria ini. Karena itu, nanti Sasindo juga harus mempersiapkan akreditasi 9 kriteria ini,” jelasnya.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, Dr. Muhammad Wildan. Wildan menceritakan pengalamannya saat memimpin akreditasi tingkat universitas. Untuk mensukseskan akreditasi kampus, Wildan mengusulkan kepada Yayasan agar menghadirkan Prof. Senam, Prof Sugiyono dan narasumber paling killer dalam akreditasi guna  mengevaluasi kerja Tim Borang. Dengan cara seperti ini, akhirnya Universitas Pamulang mendapat nilai B. “Karena itu, ke depannya, Rektor Universitas Pamulang memberikan target bagi prodi yang sudah mendapat nilai B agar meningkatkan nilainya sehingga dapat A atau nilai unggul.

Sambutan keempat disampaikan oleh Imam Sofii, S.Ag., Se., M.Hh., M.Pd. selaku ketua LPM. Dalam sambutannya ini, Imam menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya atas solidnya kerja sama Tim Borang. Namun demikian, seolah mempertegas kembali yang disampaikan dalam sambutan-sambutan sebelumnya, Imam juga menyatakan bahwa akreditasi ke depan harus bisa mencapai nilai yang lebih baik lagi.

Acara evaluasi ini kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan makan-makan.