Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Buku Cerita

Melihat hasil observasi terhadap para siswa-siswa yang tinggal di kawasan Komunitas Kolong Jembatan  pasar Ciputat, teridentifikasi bahwa kecakapan berbahasa Inggris mereka, baik lisan maupun tulisan sangatlah kurang. Banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris pada mereka, antara lain minat belajar yang minim, kondisi sosial ekonomi mereka, terbatasnya ketersediaan sarana daan prasaranaa pembelajaran seperti keberadaan perpustakaan yang menyediakan buku-buku dan bahan bacaan ` berbahasa Inggris. Akibat minimnya minat baca dan kebiasan membaca para siswa tersebut mengakibatkan rata rata ketrampilan berbahasa Inggris mereka sangat rendah mereka kurang tertarik bahasa Inggris karena mereka beranggapan bahwa bahasa  Inggris itu susah, bahasa Inggris itu menakutkan, terutama memahami arti kosa kata.. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM), Universitas Pamulang (UNPAM) yang berjumlah 5 dosen (Sunardi, S.Pd., M.Pd., Drs.Suwardi,MM, Yan Ardian Subhan S.S., M.Pd., Kholul Aziz, S.S., M.Pd., Yamin, S.S., M.Pd.,) dan 10 mahasiswa/i Sastra Inggris membentuk tim pengabdian  masyarakat (PKM) dengan program penyuluha materi bagaimana mengingkatkan kemampuan  akan penguasaan kosakata bahasa inggris melalu buku cerita  untuk anak-anak. Kelompok PKM yang diketuai oleh Bapak Sunardi ini mengambil judul “Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan menggunakan Buku Cerita” di Taman Bacaan Kolong Jembatan Ciputat via daring dengan link youtube https://youtu.be/uiwvyq1Lq7I. Tepatnya, PKM tersebut diadakan pada hari Jumat  s/s Minggu, pada tanggal 18 September 2020 – 20 September 2020.

Kawan-kawan dosen yang masuk tim ini mejelaskan bahwa adanya PKM ini diharapkan dapat membekali anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat, Tangerang Selatan tentang penyuluhan  materi bagaimana mengingkatkan kemampuan  akan penguasaan kosakatabahasa inggris melalu cerita di lingkungan anak – anak di sekitar kolong  jembatan Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat yang digunakan untuk PKM ini cukup menarik karena pengelolaTBM ini memanfaatkan sebuah bangunan terbengkalai di bawah kolong jalan layang Ciputat sebagai tempat kegiatannya. Mereka mengembangkan taman bacaan  menjadi program pendidikan swadaya masyarakat. Selain itu, banyak orang tua membawa anaknya ke TBM Kolong, flyover Ciputat, Tangerang Selatan. Disana anak-anak yang belajar bersama dengan komunitas TBM adalah anak-anak yang berasal dari pedagang kaki lima, depan Pasar Ciputat, dan masyarakat sekitarnya. “Sasaran PKM yang bertempat di TBM Kolong Jembatan Ciputat ini adalah anak–anak tingkat TK, SD dan SMP”, imbuh bapak Sunadri, selaku ketua PKM tersebut.

Lebih lanjut, ketua tim PKM beserta tim menegaskan bahwa kegiatan PKM ini bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk mengikatkan minat membaca yang bisa mereka terapkan di rumah, di sekolah, dan di lingkungan bermain.Dia pun menjelaskan bahwa ada dua prosedur yang digunakan, yaitu; teknik bercerita melalui bacaan dan cerita barbahasa inggris dalam bentuk video pembelajaran dimana isi cerita dan penyampaian cerita mengenalkan kosakata beahasa inggris anak dalam sebuah cerita.

Vidoe yang sudah di uplod di laman youtube https://youtu.be/uiwvyq1Lq7I

Menurut tim, mengajarkan kosakata Bahasa Inggris pada anak – anak membutuhkan strategi terencana agar membuat mereka tertarik, termotivasi untuk belajar, dan mau mendengarkan. Salah satu cara agar perhatian mereka terpusat pada pembelajaran adalah penggunaan alat atau media. Penggunaan buku cerita menjadi salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan PKM di TBM kolong jembatan Ciputat. Dalam pelaksanaan kegiatannya, tim membagi siswa menjadi kelompok, mengenalkan cerita, membacakan cerita atau mendongeng, mempraktekan cerita menggunakan buku cerita bergambar, dan memberikan model kepada siswa; contoh bagaimana  menguasai kosakata bahasa yang berhubungan dengan tema kepedulian terhadap kesehatan.

Setelah melakukan kegiatan PKM mengenai penguasaan kota kata bahasa inggris melalui buku bacaan tim berharap bahwa penyuluhan dan proses pembelajaran yang dilakukan di TBM Kolong, Ciputat Tangerang Selatan dapat memberikan pengaruh yang baik kepada anak-anak pada khususnya dan orangtua pada umumnya.