Pelatihan Pembuatan Videografi dan konten English Translation di Yayasan Saung Mata Hati

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksankan pada tanggal 12-26 Juli 2020 sebagai salah satu wujud nyata peran dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Pelatihan pembuatan videografi dan konten English Translation di Yayasan SAUNG MATA HATI, Kelurahan Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. PKM (pengabdian kepada masyarakat) merupakan salah satu dari tiga poin TRI DARMA PERGURUAN TINGGI. Maka kami sebagai dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang telah melaksakan hal tersebut. Adapun kegiatan kami untuk kali ini adalah melakukan pengajaran kepada siswa siswi yang berada dibawah binaan Saung Mata Hati yang berada diwilayan Pondok Benda, Pamulang Dua. Pengajaran yang kami berikan adalah pembuatan videografi dan English Translation. 

Diketuai oleh Shinta Azies, spd, MA. dan beranggotakan Kamil Falahi, Linda Maisari, Bobi Arisandi dan Siarno. Serta lima mahasiswa UNPAM. Metode Kegiatan yang kami lakukan adalah metode komunikatif (communicative approach) dan Pembelajaran Berbasis Tugas (project-based). Peserta PKM ini mengakses pengajarannya secara daring maupun offline hal ini dilakukan untuk menaati PSSB yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah, di karenakan situasi wabah pandemic COVID-19 yang melanda dihampir seluruh Negara didunia termaksud Indonesia. Kegiatan: Kegiatan yang dijabarkan di sini berupa kegiatan yang terdapat di dalam video tutorial yang diberikan kepada mitra PKM, Yayasan saung Matahati. Adapun kegiatan tersebut adalah 1. Pembukaan Pada awal Video tutorial ditampilkan slide perkenalan tim PKM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang nama dan fotonya diperkenalkan pada video pembuka. Pada slide tersebut juga terdapat logo dan lambang LPPM yang merupakan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat di bawah Universitas Pamulang yang bertugas untuk memantau pelaksanaan PKM, begitupun nama Sastra Inggris yang dicantumkan merupakan tanda bahwa pelaksanaan PKM ini digagas oleh dosen dan mahasiswa Sastra Inggris Universitas Pamulang sehingga materi dan kegiatan PKM seyogyanya yang berkaitan dengan cakupan sastra Inggris, dalam hal ini pembuatan Videografi dan Konten English translation. 2. Kegiatan inti: Pada kegiatan ini terdapat dua narasumber dosen yang memberikan materi terkait pembuatan Videografi yang dilihat dari segi bagian-bagian Shot dan Angle yang baik dalam pembuatan Videografi. Materi selanjutnya yang juga diberikan oleh dosen yang berkaitan dengan konten English Translation. Materi ini berkaitan dengan penerjemahan yang nantinya akan bisa digunakan oleh para peserta untuk membuat subtitel alih bahasa baik Inggris maupun Indonesia di video mereka. Kemudian, diberikan juga contoh salah satu video film pendek karya anak SMK Multimedia yang memiliki videografi yang baik sebagai contoh video. Pada film pendek tersebut juga diberikan contoh subtitle alih bahasa Indonesia–Inggris. Sesi video ini adalah bagian penting yang diharapkan dapat diaplikasikan pada video youtube Kembang Creator yang dimiliki mitra PKM untuk mengembangkan video tersebut.
Sasaran dari program ini peserta pelatihan diharapkan mampu membuat video-video pendek dengan kualitas pengambilan gambar yang baik. Dan juga memberikan teks terjemahan pada setiap episode dan adegan. Semoga ketrampilan ini akan menjadi salah satu bekal ketrampilan bagi peserta pelatihan untuk terjun dalam kehidupan yang lebih luas lingkupnya dan bisa untuk bekal mencari nafkah setelash terjun didunia kerja.