PENGGUNAAN TEKNIK MEMORITER DAN EKSTEMPORAN UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN DALAM BERPIDATO BAHASA INGGRIS TANPA TEKS

Dikarenakan situasi wabah pandemi COVID-19 yang melanda dihampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, maka proses pembelajaran pada kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang sedia nya telah di jadwalkan secara tatap muka dirubah menjadi pembelajaran secara daring (online). Untuk itu segala proses pemberian materi ajar dan persiapan nya pun berubah mengikuti ketentuan dari LPPM UNPAM yakni dengan cara memberikan video pembelajaran kepada siswa didik Pesantren Nurul Qur’an Al-Islami. Namun hal ini tidak menyurutkan niat dari para dosen Sastra Inggris UNPAM untuk tetap berkontribusi dalam memajukan potensi masyarakat menggunakan bahasa Inggris, selain merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh M. Akbar Kurtubi Amraj,S.PdI., M.Pd., yang beranggotakan Drs. Asep Ahmad Zaenal Aripin, M.Pd., Rizki Gunawan  SS., M.Hum., dan Yunita, SS., M.Sas. telah sukses memanfaatkan teknologi sebagai alternatif pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Adapun proses pemberian materi ajar melalui video pembelajaran ini disesuaikan dengan tema kegiatan. Mahasiswa memberikan contoh langsung berpidato dan dosen berperan sebagai memberikan materi dan pendamping mahasiswa. Video ini mengangkat tema “Penggunaan Teknik Memoriter dan Ekstemporan untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan dalam Berpidato Bahasa Inggris Tanpa Teks Selama Pandemi Covid-19.” Dalam pelaksanaan PKM ini, dilakukan dengan merekam video materi Public Speaking, cara dan contoh pidato dari dosen dan mahasiswa. Adapun dalam video ini terdiri dari pidato dengan sejumlah tema, seperti metode esktemporan dan memoriter.

Metode ekstemporan ditampilkan dalam video berjudul “The Positive Thing in Pandemic Situation” dan juga tema “Education”. Kemudian Teknik Memoriter dengan judul “Mental Health and Love Ourselves” dan “ New Normal in Pandemic Covid-19. Selain itu, ada juga video pidato tentang “Kurikulum 2013” dan “Proses Belajar Selama Pandemi”.

Mahasiswa UNPAM memberikan contoh berpidato dengan menggunakan teknik Ekstemporan dan Memoriter:

       Pidato tentang pendidikan oleh Bayu

Pidato tentang Kurikulum 2013 oleh Prilisyawati

Pidato tentang New Normal oleh Diani Rahmawati

Pidato tentang belajar di proses belajar selama pandemi Covid-19 oleh Yuni

Pidato tentang Mental Health and Love Yourself oleh Orbit

Video-video ini dibuat dalam rangka memecahkan adanya masalah bahwa setiap orang, terutama mahasiswa yang belum terbiasa melakukan pidato akan mengalami kecemasan. Sehingga diperlukan latihan yang berulang-ulang, supaya meminimalisir kecemasan dan meningkatkan keluwesan dan percaya diri dalam berpidato.

Video ini nantinya akan di-share atau disebarluaskan ke siapa saja, terutama mahasiswa yang ingin mempelajari pidato. Diharapkan video ini bisa berguna untuk orang lain dalam belajar public speaking, terutama pidato.